Monday, June 13, 2016

Ujian Puasa


Dua hari yang lalu, tepatnya hari sabtu akhirnya aku alami juga rasanya ngejar dosen cuma buat dapet tanda tangan. Berbagai ujian datang silih berganti. Kalo temenku bilang ma "super apes lah".

Petama dikasih tau sore hari sebelumnya... awalnya aku pikir dia (orang yang boncengin) dateng buat beli makanan buka puasa. Secara di rumah banyak banget yang jualan. Rumah emang kebanyakan penghuni sih. dan tiap penghuni punya produknya masing2. Bayangkan betapa "market-like"-nya rumahku. Orang itu baru aku kenal di hari sidang. Well, dia orangnya sopan dan ga susah diajak ngobrol jadi sambil nunggu giliran masing2 kita ngobrol aja. Menjauhi ketegangan. Mendekati ketenangan.

Dia ngasih tau kalau besok subuh anak2 yang lain mau ke minta ttd ke bandung. Untunglah rumah dosen semua ada di satu kota biarpun ga tetanggaan. Tapi yang aku ga ngerti kenapa temen satu kelas kaga ada yang ngasih tau duluan. Yah, namun pada akhirnya aku tau kenapa. Disaat diriku bersesak pantat di atas jok motor mereka menikmati kursi empuk dibawah lindungan atap mobil. Okay.

Aku sama dia berangkat setelah solat subuh diiringi doa orangtuaku... hehe... awalnya ga ada masalah sampai kita sampe pasteur... masalah muncul kemudian... kita nyasar... sebenernya aku sama dia bareng 2 motor lainnya yang juga dengan senior2 yang akhirnya dapat menikmati dekatnya hari kelulusan. Tapi kita terpisah di tengah jalan. Akhirnya kita tanya orang jalan ke sukarno hatta sebelah mana. Setelah menyusuri jalan ahmad yani dan seterusnya akhirnya kami sampai di tujuan... sekarang tinggal cari dimana rumahnya... beruntung tahun lalu aku pernah mengungi rumah dosen tersebut jadi aku ingat arah jalan perumahannya. Akhirnya kita pun sampai... setelah bercengkrama beberapa saat sambil menunggu yang belum datang, kertas pun ditandatangani.

Kami pun berangkat ke tujuan selanjutnya... di sinilah ujian yang sebenarnya dimulai. Kita terpisah lagi sama rombongan yang lain... mereka yang berada di dalam mobil sepertinya punya jalan tersendiri untuk sampai tujuan... sedangkan mereka yang berada di motor lainnya punya kecepatan lain yang harus dipacu... Oh Lord. Mereka ga nyantai banget sih.

Di ujung lampu meras ban motor yang kutumpangi kempes... oke. tinggal isi angin. Kemudian kita hubungi mereka yang tau alamatnya... disinilah ujian kedua dimulai... aku nanya alamat taou mereka menjawab dengan penuh keambiguan yang menyebalkan.

Kita sampai nyasar di kota baru. Ban kempes lagi dan kita mesti dorong motor itu ke tambal ban yang jaraknya lebih dari 100 meter. Well, sebenarnya bukan masalah besar juga toh aku udah biasa jalan 1 km untuk sampai ke oasisku.

Akhirnya aku tanya langsung ke tuan rumah yang rumahnya akan kami tuju, Voila! Hanya dengan satu pesan alamat pun didapatkan. Semudah itu!! Tidak perlu jawaban ambigu yang hampir bikin pahala puasaku sirna.

Akhirnya dengan berbekal alamat dari dosenku aku sampai di tujuan berkat penduduk yang juga membantu kami mengarahkan jalan.

Disana kita ga berlama2. Karena waktu dzuhur telah tiba aku dan dia pun solat dirumah dosenku yang baik hati. Setelah itu tidak lama kami pun pulang.

Diperjalanan pulang kami istrirahat beberapa kali karena sengatan menyakitkan di tubuh terutama bagian yang berhadapan langsung dengan jok. Sumpah ini pertama kalinya aku duduk diatas jok motor hampir 13 jam. Dia perlu ganti joknya dengan busa yang lebih lembut...

Aku sampai rumahku sesaat sebelum waktu ashar tiba... syukurlah bisa sampai rumah dengan selamat... fiuh... akhirnya hari yang melelahkan pun berakhir... aku tepar di atas sajadah...

Tamat. Haha.

Puasa itu emang banyak perjuangannya tapi kalau disiasati pikiran positif semua masalah pasti ga akan terlalu berat ditanggung. Jadi keep positive.. Fighting.
Selamat Berpuasa bagi yang menjalankan. ^^

0 comments:

Post a Comment

Give it a try