Friday, February 28, 2014

One of my tragic story Part I

Well, hari ini hari yang terlalu special untuk dilupakan. Rasanya kaya pingin masuk lubang semut dan tinggal di situ selamanya!!!


Semenjak SD aku yakin aku ga pernah mempermalukan diriku sendiri. Bahkan ketika berkelahi pun aku memendamnya sendiri. Saat aku harus diurut gara2 itu pun aku masih memendamnya sendiri.
 

Sekarang selama aku hidup aku telah menjadi pusat perhatian. Terlalu terpusat malah. チックソ。


Oke mari mulai laporan kejadian hari ini. Karena jelas ga akan bisa tidur sementara ingatanku masih segar dan aku baru tahu hamper semua orang terlibat… aku benar-benar harus menulis ini. Well, jelas aku ga mau orang-orang bertanya, mengasihaniku, sambil membicarakanku di belakang. Jadi… Iqra. Bacalah.


Pagi ini aku berangkat ke toko seperti biasanya. Jam 8 teng sampe TKP. Hal pertama yang diriku lakukan adalah membereskan buku-buku yang tergeletak begitu saja di lantai. Saat itu the ida, cici, a fatur sudah lebih dahulu ada di toko. Sedang pa rahmat masih di atas.


Kemudian saat pa rahmat turun aku disuruh ke atas kan buat input data pemasukan café. Aaah it feels like being punched by 10000000000 pounds of rocks. I feel really stupid everytime I remember this. Okay, whatever. Next.


Bers mengerjakan tugas ke dua –input data– saya turun untuk siap-siap berangkat ke pameran kan. Saya pikir bakal naik motor. Eh di suruh naik angkot. Sendiri. #damn.


Di situlah letak kebodohan saya. Diriku yang terlalu percaya sama orang ga bisa mengabaikan pria br*****k itu datang. Karena sikap yang terlalu positif sama orang asing yang minta bantuan itu tidak terasa diriku yang super duper bodoh ini terjebak dalam perangkapnya.


Pertama saat diriku berjalan di depan hypermart, dia menghampiri dari arah ruko. “Anak sekolah ya?” pria tua itu bertanya. Terus ya apa salahnya menjawab? 
“Ya.” Aku bilang.

“Dimana?” pria tua yang aku ga peduli punya sakit jantung atau kanker atau tumor itu kembali bertanya.

“Unpi” saya menjawab ragu2.
 “Oh, saya Ibrahim dekan stekes, saya mau menitipkan form skripsi untuk pa asep deden. Nanti kalo ketemu tolong bilang saya tidak sempet memberikannya jadi saya nitip ke kamu. Kamu tau pa asep kan? Ketua kaprodi kamu itu.” Dia bicara bener-bener layaknya shinkansen. Dia mengulang kata-katanya beberapa kali mungkin karena ada tanda Tanya di wajahku yang terlalu terlihat bodoh. “Coba ulangi tadi gimana ngomongnya?”

“Ke pa asep bilang ada yang mau menitipkan apa?”

“Ya Allah. Kamu dengerin saya ga sih?” Tuh di situ aja dia udah sebut-sebut nama Allah. “Gini aja kamu bilang pa asep saya tadi ketemu sama dekan stekes. Dia bilang mau menitipkan form lewat, siapa nama kamu?”

“Sarah pa”

“Sarah. Saya lagi mau rapat jadi ga bisa nganterin. Sekarang kamu mau ke mana?”

“Ke stand pa. Saya jaga stand di hyper terus mau ke kampus. Nanti saya langsung bilang.”

“Ya udah bareng aja sama saya.”

“Tapi saya mau ke stand duli simpen ini.” Aku nunjukin sapu lidi sama tas laptop.

“Ini mendesak sarah. Sebentar aja kok paling sepuluh menit.”

“Tapi pak…”

“Nanti saya anterin lagi ke sini Ya Allah.”


Sambil bimbang entah kenapa mau2nya aja saya ikut. Sambil dalam hati Ya Allah ini orang kenapa.

Terus saya di ajak ke stekes. Di jalan dia bilang ini berkas rahasia sarah. Dari beribu siswa cuma kamu aja yang tau. Kamu bantu saya sama aja kamu bantu unpi juga. Dia terus aja ngomong kaya mobil super butut tanpa kasih aku kesempatan buat bertanya. Sementara pertanyaan itu perlahan mulai terhalang sama kata-kata dari b******n itu. Dia beneran ngajak aku ke stekes. Dia bilang wah gawat sarah ini udah banyak panitia sama pengawas yang datang. Kita ga bisa masuk. Dia bilang gitu sambil muter balik motornya. Aku pikir itu Honda. Item. Butut. Dia bilang motornya dapet pinjem dari bu Neneng di Ciranjang. #kenapa tadi aku ga inget bilang itu ya???


Dia juga sebutin banyak nama. Dia sapa banyak orang yang dia bilang guru dan dosen. Oh ni orang kayanya beneran dekan. Aku langsung berpikir kaya gitu. Ya mana ada orang kurang kerjaan ngajak ujan2an gitu keliling cianjur kalo emang buat nyolong kan? Setidaknya itu pikiran logis paling berbahaya yang pernah aku pikirkan. Sumpah gue bego banget.


Terus aja dia ngomong di jalan tanpa henti, dia marah2 sendiri lah kaya orang kurang waras. Ni orang setres atau apa sempat si terlintas. Tapi pikiran-pikiran itu selalu terhalang sama kata-katanya. Aku ingin bertanya tapi karena terlalu banyak bisa kukatakan “doktrin” semua pertanyaan itu hilang. Terpendam. Dia terus-terus sebut nama pa asden, bu yuyun, bu dewi, bu yayu, ngasi kerja di koperasi. Bla bla bla. Kalo punya kesempatan rasanya setan dalam diriku berbisik “robeklah mulutnya”.


Oke intinya dia sepanjang jalan doktrin aku buat pinjem… hiks… benda-benda itu. #damn.crap.saus tartar

Aku ga sepolos itu juga nurut tanpa curiga. Tapi dia terus ngomong. Terus ngisi kepalaku sama kata2nya “rahasia besar. 4 petinggi. Aku yang berjasa. Bla bla bla. Lama-lama aku robek juga tu mulut. Ehem… maaf.


Kebodohanku terus berlanjut ga sampe di situ. Aku sempet bertanya nanti dia yang bawa laptonya? Terus entah kenapa dia malah marah. Saya tersinggung. Saya marah. Kalo ini gagal semua kamu yang tanggung jawab. #kujitak juga palanya.

Semua orang tahu aku sensitive sama kata-kata seperti itu. Lebih banyak tuduhan, lebih banyak masukan negative, makin berpacu otak kananku berimajinasi. Inilah sulitnya jadi orang pengguna dua otak dimana otak kanan lebih mendominasi. Mana dia terus marahin aku tentang sopan santun. #Maaf ada yang punya voodoo???


Haaagh… Yang aku inget dia pernah pakein aku jas hujan di jalan yang mau ke Ramayana. Terus dia ngaku haji juga selain dekan. Dia sempet bilang ya udah ga usah aja pake nada yang  1000% menyalahkanku. Dia banyak beristigfar seolah benar-benar seorang yang beriman. Ya, imannya pada Lucifer.


Dia awalnya bilang mau suruh diriku nunggu di alun2 ciranjang. Ya udah kataku. Dia juga sempet bilang mau nitip motornya. Dia bilang mahal mana motor saya sama laptop? Terus saya juga punya laptop aple. Kalo ilang saya bayar 2x lipat. #kalo ketemu gue hajar 200x lipat


Semakin inget itu semakin aku menyadari betapa dungunya diriku. Aku tau banyak yang janggal di situ sewaktu naik bis maka dari ini seturunnya dari bis aku langsung naik ojek ke kampus. Biar dia larang ke kampus tapi gimanapun kan kebenaran harus terungkap. Di sanalah aku menyadari tidak ada yang namanya Bu dewi di kampus. Tidak ada tanda2 pa asep di sana. Aku sempet minta di telpon pa asdennya tapi ga diangkat. Kenapa semua harus jelek timignya!!!!

Langsunglah aku ke bawah dengan niat kembali ke TKP. Di depan pagar pegadaian itu aku ketemu orang juga. Mungkin dia liat raut wajahku yang bingung. Dia Tanya aku mau ke mana? Aku jawab mau ke ciranjang. Dia nanya lagi naik angkot? Aku bilang iya. Berapa ya kalo naik angkot?


“Lima ribu”
 

“Angkotnya ngetem.”


“Iya naik angkot emang lama.”


“Kalo naik bis berapa?”


“Tiga ribu. Tapi harus di terminal rawabango.”


“Ohh.. Pa saya boleh pinjem hpnya ga buat telpon?” aku niat nelpon ke hp ku.


“Oh, tapi pulsanya ga cukup neng. Bisanya sms.”


“Oh. Ya udah ga apa2”


Hening sesaat.


“Ke siapa neng? Neng mau ke mana ke ciranjang? Emang ga bisa kalo sms?”


“Ga bisa pa. Takutnya ga di bales. Jadi harus telpon. Ke temen pa.”


“Oh isi pulsa dulu atuh ya.”


“Boleh emang pak?”


“Iya, isi pulsa di belakang ya.”


“Iya.” Aku ikut aja sama bapak itu ke belakang. Dia beneran isi pulsanya di situ. Terus aku langsung nelpon. Pertama emang nyambung terus tiba-tiba … “maaf no di luar jangkauan”. Di situ hatiku langsung campur aduk. Aku kasih lagi hpnya ke bapak itu. “Ga diangkat pa. Makasih ya pa.” sambil pergi cari angkot. Angkotnya ngetem gilaaa. Sungguh terlalu. Dia ga liat apa wajah panikku yang masih keliatan manis. Memelas.


Waktu sampe di tkp aku tahu pria tua itu pasti uda ga ada. Tapi yang namanya feeling kan… aku bingung. Aku nanya2 siapa tau ada yang liat tu k*****t. tapi kenapa ga ada? Aku yakin dia sapa salah seorang di antara orang di sana sebelunya. KENAPA!!?


Terus aku liat polisi di pos. Aku samperin lah. Tapi sebelum sempet ngomong aku di cegat kenek. “Mau ke cianjur neng?” Terus aku inget ini udah hampir waktunya janjian. Mungkin kalo ke mesjid agung sekarang dia datang.

“Langsung mang?” aku nanya kecepatan lepas landas tu angkot.


“Langsung neng.” Emang dasar orang2 pada suka nipu apa ya. Uda lima menit rasanya tu angkot ga jalan2. Akhirnya aku putusin ga jadi naik angkot kan. Langsung samperin pos polisi. Aku nanya sama mereka eh mereka malah ketawa. Mereka pikir aku lagi bikin lelucon di siang bolong apa? Salah satu dari mereka nyuruh aku ke kantor polisi bagian begituan. Ya udah dari pada nanya orang yang ga niat jawab ya aku ke tempat yang lebih menjanjikan aja. Aku Cuma pingin ada yang dengerin kok. Aku tahu kasus kaya gini susah untuk di tangani. Tapi setidaknya aku juga ingin lihat secercah cahaya dimana ada yang percaya dan setidaknya ada niat buat bantu… aku tau aku ga bisa nangin ini sendirian.

Bersyukur aku ketemu petugas yang bisa kubilang baik. Semua orang jelas marahin aku awalnya. Aku tahu aku bodoh. Mereka ga harus ngulang kata2 yang sama buat nunjukin kebodohanku kan. Terus pria baik ini nanya2 aku yang uda super panic. Lama2 entah kenapa dia malah ketawa. Awalnya dia pasti mikir “ni cwe waras apa ngga?”. Gimana ga mikir gitu? Aku beneran panic. Ga bisa diem. Dia bilang “kekanakkan.”


Jujur aja dari semua orang disitu aku pingin banget nangis tapi lucunya air mataku ga ada niat buat berkompromi. Aku malah kaya orang autis. Separah itu kah aku??? Ah aku sumpah malu2in sendiri banget.

Tapi makin lama dia ga terlihat seperti polisi di mataku. Dia bilang anggaplah saya kakakmu. Dan itulah yang langsung terlintas di bayanganku. Sosok seorang kakak yang mau ngelindungin adiknya. Otomatis saat itu juga aku udah ingin mengandalkan dia. Tapi dia mah BAPnya sambil becanda mulu. Jelas kaya lelucon kalo kaya begitu caranya. Dia bilang “Kamu lucu. Kaya anak kecil.” Aku emang kecil. Dan kalo aku panic ya seperti itulah diriku. Agak autis sedikit.

Tapi aku bener-bener ga tau apa2 soal makhluk s****n itu. Seandainya aku tahu dan cuma diancem bakal lebih baik daripada ga tau sama sekali. Pada dasarnya aku ga takut sama ancaman penipu daripada jadi beban orang lain. Kalo perlu aku bisa langsung tonjok tu orang di depan umum. Siapa peduli?


Apa lagi ya yang belum aku ceritain…


Yang jelas aku benar-benar merasa bersalah sama mereka yang udah percaya sama aku. Mulai sekarang tolong jangan pinjamkan apa2 lagi padaku oke! JANGAN!!! ANDWE!!! SHICA DAME!!!


Jelas aku pasti ganti kerugian kalian. Aku bukan jenis orang yang bisa hidup sambil nanggung hutang sama orang jadi pasti aku bayar mau itu di dunia atau di akhirat. Lagi pula Allah tidak akan membiarkan hutangku begitu saja dihapuskan. Bagaimanapun kan ini tetap kesalahanku. 50% aku yang salah. Oke 70% deh salahku.

Biar bagaimanapun aku selalu kalah dengan doktrinasisasi.
Yah tapi intinya akunya aja yang bego.


Oke hal2 lainnya yang terjadi di kantor polisi sama di mobil ga akan aku ceritakan. Tapi sungguh baru pertama kali aku ketemu orang sejahat dan sebaik itu. Apa aku harus mempermalukan diriku sendiri baru mendapat hadiah? Sekarang semua orang bahkan tahu kebodohanku. Aku lebih suka mereka gampar aku sekalian jadi perasaan bersalah ini ga terlalu besar daripada harus ngomongin aku di belakang. Aku tahu sifat alami manusia. Aku tahu siasat syaiton. Aku tahu aku harus menghadapi ini semua. Dan aku janji bakal ganti rugi semuanya. Biar harus jadi pembantu satu taun. Lembur tiap hari. Cuti kuliah. Pasti aku ganti.


Sebenarnya aku saat ini juga ga ingin jadi beban orang tuaku. Aku harap aku bisa memendam ini semua sendiri seperti yang selalu aku lakukan. Tapi dia tidak mengizinkannya.


Sebenarnya aku juga merasa sangat bersalah padanya. Dia udah baik tapi aku malah ngeselin. Tapi aku beneran takut. Terus karena dia bilang untuk menganggapnya sebagai kakak… siapa lagi yang bakal bela aku nanti? Aku ga peduli dia serius apa ngga. Aku cuma lega dia mau ada di belakangku. Dan di depanku saat memang aku membutuhkannya. Mungkin karena dia terus kasih aura positif? Dia jelas sering ketawa nyegir2 waktu BAP dan ga ada yang lebih sepeduli itu memang. Jadi apa salahku? Aku cuma pingin lebih lama ada di dekatnya. Karena selama ini aku selalu sendiri… mungkin sekarang aku ingin ada yang berdiri di sisiku. Siapapun itu.



Oke jadi kita belum tau endingnya. Siapa yang akhirnya bakal ketawa paling akhir? Nah tidak yang tau itu kan. Jadi sambil aku menguatkan hatiku aku bakal cari cara apapun itu buat menyelesaikan ini.

Oh. Aku juga kepikiran buat KP di kantor polisi. Mungkin orang2 banyak yang butuh peralatan GPS.

Jadi hikmah dari kejadian tragis ini adalah :

  1. Aku selamat
  2. Ketemu banyak orang baik –bahkan waktu seusai solat di mesjid ada pria lain menghampiriku menanyakan apa aku baik2 saja? Mau kemana? Ada kenalan di kantor polisi? Siapa? #aku belum sempet nanya nama petugasnya. Crap. Terus dia nganter aku nyebrang. Kalo butuh apa2 saya ada di warung depan BCA dia bilang. Uhhh manisnya. Dalam hati aku benar-benar berterima kasih. Semoga kita bisa ketemu lagi dan aku bisa membalas kebaikannya. Ga semua orang sepeduli itu sama cewe yang keliatan linglung di pinggir jalan kan. Oh… waktu keluar mesjid tau apa yang aku liat? Mereka nunggu aku di sebrang… Kenapa dia ga nyamperin aku aja di sebrang dan malah masuk waktu liat aku keluar? Cih… #emg ini drama atau apa sih
  3. Menemukan masalah KP -mungkin aku bisa kerja praktek di police station? I bet no one have ever think about it



Tapi aku ga yakin apa aku bener-bener bisa berfikir sepositif itu saat ini.
Sungguh aku juga ingin percaya itu... tapi apa aku aku bener-benar bisa?
Tapi sekarang aku bener-bener bingung ngadepin semua orang yang udah nyari aku seharian itu. Ya Allah… Mereka bener-bener baik mau cari aku. Tapi aku juga merasa super duper bersalah sama mereka. Maaf. Maaf. Maaf. Beribu2 maaf juga mungkin ga akan cukup. Tapi aku sungguh sungguh minta maaf.



Oke sekian yang bisa saya tulis malam ini. Sekarang waktu sudah menunjukkan pukul 2.16 …3 jam sejak aku diantar mobil polisi. Yah pengalaman yang tidak terlalu buruk juga. Mungkin ya kalo aku sendirian. Oh. Aku sampai lupa mengucapkan terima kasih,,, maaf sikapku jelek tadi. Maaf nasinya tidak aku habiskan. Maaf maksa ikut nganter… Tapi di atas semua itu… Terima kasih banyak. Buat semua pihak yang terlibat makasih. Dan maaf.



Aku tentu ga terlalu berharap bertemu pria tua itu dengan cepat tapi… terima kasih sudah mau ada di pihakku.

Sekarang aku benar-benar merasa ga sendirian … dan tidak terabaikan juga. #dalam hal positif dan negative tentunya.

Selamat malam. Semoga Allah melindungi kita semua. Aamiin

0 comments:

Post a Comment

Give it a try